e-Commerce Melesat, Rakuten Target Tumbuh Dobel




Rio Inaba (rou/inet)


Jakarta - Bisnis e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus tumbuh pesat seiring kian mudahnya akses internet. Momentum berharga ini pun tak ingin disia-siakan Rakuten dalam ekspansi bisnisnya.

Presiden Direktur & CEO PT Rakutan-MNC, Ryoto Inaba mengatakan, seluruh lini produk, jumlah pedagang (merchant), dan transaksi penjualan ditargetkan akan bertambah dua kali lipat alias dobel di tahun 2013 ini.


Jika di tahun sebelumnya produk yang dijual mencapai 350.000 produk, maka di tahun ini targetnya adalah 700.000 produk. "Kami optimis tahun ini seluruh pertumbuhan bisa dobel. Apalagi, tahun ini kami akan perkuat sistem pembayaran dan juga logistik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (17/2/2013).


Hingga akhir 2012, jumlah pedagang yang ada di Rakuten mencapai 400 merchant, tahun ini jumlahnya ditargetkan menjadi 800 merchant. Sementara untuk jumlah transaksi, rata-rata member membelanjakan uangnya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu sekali transaksi.


Meski Ryota tak merinci maksud dari diperkuatnya sistem pembayaran dan logistik, namun ia mengatakan, investasi terbesarnya di tahun ini adalah dengan memboyong tenaga ahli yang berasal dari Jepang juga Taiwan untuk memperkuat dua hal itu.


Adapun untuk wilayah pemesanan, Rakuten ingin agar demografi pemesanan antara Jakarta dan luar Jakarta menjadi seimbang. Hingga tahun lalu, pemesanan masih banyak berasal di wilayah Jakarta yang mencapai 55%, sementara luar Jakarta mencapai 45%.


Sejauh ini, Rakuten telah meningkatkan jumlah merchant 129% dari transaksi pembayaran sebesar 256%, dan jumlah produk sebesar 205% dari Januari hingga Desember 2012 lalu.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!