Gagal di WebOS, HP Lirik Android




(Ist)


Jakarta - Perusahaan komputer Hewlett-Packard (HP) pernah melakukan akuisisi besar saat mengambilalih Palm dengan WebOS-nya. Sayangnya, usaha mereka di bisnis mobile boleh dibilang gagal total.

Uang miliaran dollar yang dikucurkan untuk membeli Palm pun akhirnya sia-sia. Platform WebOS yang digadang-gadang akan bangkit, justru ‘tiarap’. Malah HP berencana membebaskan ‘sumber kode’ WebOS agar bisa digunakan oleh siapapun.


Dikutip detikINET dari Boys Genius Report, Kamis (14/2/2013), akibat kegagalan tersebut, HP kabarnya melirik untuk membuat perangkat berbasis Android.


Berdasarkan bocoran yang disebutkan sumber terdekat di HP, perusahaan ini akan meluncurkan tablet dengan prosesor Nvidia 4 dan tentu saja berbasis Android. Tidak menutup kemungkinan, akan ada juga smartphone berbasis Android yang berlogo khas HP.


Soal waktu peluncurannya memang tidak diketahui. Namun menilik pernyataan CEO HP Meg Whitman yang mengatakan tidak akan ada handset sampai akhir 2013, maka boleh jadi kemunculannya tahun depan.


Sekedar catatan, hampir semua perusahaan komputer global kini terjun membuat perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Sebut saja diantaranya, Acer, Asus dan Lenovo. HP tentunya tidak mau ketinggalan dengan para pesaing.


( tyo / rns )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!