Pertajam Voice, Esia Incar Pedagang Hingga Tukang Ojek




Suasana Acara (btel)


Jakarta - Ketika operator lain berlomba-lomba memperkuat basis pelanggan data mereka, Bakrie Telecom justru mengambil strategi berlawanan. Pemilik brand Esia ini malah ingin mempertajam layanan voice (suara).

Ada tiga produk yang ditawarkan Esia untuk mempertajam segmentasi pelanggan layanan suara dan SMS mereka. Yakni kartu perdana 'Nelpon GSM 100% Balik Pulsa', 'Gratis Nelpon & SMS Sepuasnya' dan 'Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator'.


Ketiga kartu perdana baru ini ditujukan terutama pada khalayak masyarakat berpenghasilan terbatas seperti pedagang kaki lima, pekerja harian, sopir, satpam dan tukang ojek.


"Sengaja kami luncurkan 3 kartu perdana sekaligus karena memang segmen penggunanya berbeda dan butuh perlakuan khusus. Penghasilan mereka didapat secara harian dan karenanya sangat sensitif terhadap harga," jelas Rita Purnaeni, Head of Marketing Bakrie Telecom.


Dengan adanya 3 kartu perdana yang berbeda ini maka Esia semakin mempertajam karakteristik segmen pelanggannya. Mereka tidak lagi didasarkan pada aspek demografi semata, seperti jenis kelamin, umum dan besarnya pendapatan, tapi juga mulai mempertimbangkan sisi psikografis konsumen.


"Umumnya segmen konsumen ini selain sangat memperhatikan nilai uang yang dikeluarkan, juga butuh layanan yang praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak punya cukup kemewahan untuk chatting atau bersosial media karena hampir semua waktunya dihabiskan untuk bekerja," lanjut Rita.


Karena itu ketiga kartu perdana ini diklaim penuh dengan bonus gratisan cukup dengan harga Rp 5.000. Pada kartu perdana 'Nelpon GSM 100% Balik Pulsa' misalnya, setelah pengguna melakukan isi ulang minimal Rp 10 ribu maka pengguna kartu tersebut akan mendapatkan kembali jumlah pulsa senilai pulsa yang dihabiskan baik ke telepon GSM lokal maupun ke telepon Esia lainnya.


Pulsa yang didapat dikatakan dapat digunakan untuk menelpon atau SMS ke nomor operator lainnya, baik GSM, CDMA maupun telepon rumah di hari yang sama.


Demikian juga dengan kartu perdana 'Gratis Nelpon + SMS Sepuasnya'. Penggunanya akan dapat gratis 1.000 SMS dan 10 jam nelpon ke pelanggan Esia lainnya setelah melakukan isi ulang Rp 10 ribu.


Sementara untuk kartu perdana 'Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator', penggunanya akan mendapatkan gratis 1.000 SMS ke pelanggan Esia lainnya dan 500 SMS ke pelanggan operator lainnya.


Bagi Esia, pelanggan suara tetap memiliki potensi untuk dikembangkan seperti halnya pelanggan layanan data. Apalagi jumlah penduduk yang berpenghasilan terbatas masih sangat dominan.


( ash / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!