Hasil Akhir dari Duel Kamera Z10 vs iPhone 5 vs Nexus 4




Nexus 4, BlackBerry Z10 dan iPhone 5 (Sha/detikINET)


Jakarta - BlackBerry Z10, iPhone 5 & Nexus 4 memang sama-sama mengusung sensor dengan resolusi 8 megapixel, tapi ketiganya miliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sangat sulit tentunya menentukan siapa yang terbaik.

Sistem operasi BlackBerry 10 membawa perubahan sangat mencolok di seri Z10. Hal ini termasuk lompatan yang dirasakan di fitur kameranya.


Tak ada kesan lagi miskin fitur di kamera BlackBerry. Pengguna kini ditawarkan beragam pilihan untuk mempercantik foto atau video yang diambil. Paling menonjol tentu saja fitur time shift yang memiliki fungsi bak 'mesin waktu'.



Perubahan serupa juga dibawa oleh Google Android Jelly Bean ke Nexus 4. Selain fitur standar seperti pengaturan White Balance, tingkat ISO dan berbagai modus pengambilan gambar, Android 4.2 juga membuat Nexus 4 bisa mengambil gambar hingga pandangan 360 derajat. Lebih canggih dari modus panorama.


Boleh dibilang fitur kamera yang ditawarkan di LG Nexus 4 termasuk paling lengkap di antara ketiganya.



Ini yang seharusnya membuat iPhone 5 ketar-ketir. Modus Panorama, fitur paling gress di iOS 6, ternyata tertinggal beberapa langkah di belakang bila dibandingkan dengan kedua kompetitornya.


Pun demikian, penggemar iPhone 5 tak perlu risau apalagi sampai galau. Karena toh untuk mendapatkan fitur seperti pengambilan gambar 360 derajat atau efek bisa mengandalkan aplikasi yang bertebaran di App Store.



Kualitas gambar dan video


Ketiga smartphone ini diklaim mampu merekam video dengan kualitas full high defintion (HD) 1080p. Saat dijajal oleh detikINET pun memang antara BlackBerry Z10, iPhone 5 dan Nexus 4 sama-sama menunjukkan kualitasnya.


Namun, saat ditelisik lebih jauh lagi dari segi bit rate. Kualitas iPhone 5 lebih unggul dibandingkan dengan dua pesaingnya, dengan 17.4 mbps untuk merekam video berdurasi 10 detik.


Nah, bicara soal hasil memotret foto, detikINET melakukan komparasi dengan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Di sini, pengujian menggunakan modus Auto untuk semua ponsel.


Boleh jadi, Nexus 4 mengusung sensor dengan resolusi yang sama dengan kedua ponsel di atas lainnya, yakni 8 MP, tapi soal kualitas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.


Saat kondisi cukup cahaya, sekilas nyaris tak ada perbedaan di hasil jepretan ketiga piranti, begitupun saat memakai zoom maksimal.

Namun saat diuji dalam cahaya temaram (low light), hasil jepretan pada Nexus 4 boleh dibilang terbelakang jika dibandingkan dengan BlackBerry Z10 atau iPhone 5. Dalam kondisi ini, iPhone 5 lah juaranya.


Nah, mungkin Anda punya pendapat sendiri?


Review 1: Menguak Fitur Andalan, Siapa Paling Jagoan?


Review 2: Adu Keren Fungsi Tambahan untuk Memotret


Review 3: Uji Ketajaman Video dari 3 Ponsel Kelas Atas


Review 4: Soal Kualitas Foto, Siapa yang Lebih Baik?


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!