'Kamera Pinguin': Jadi Mata-mata Sampai Diserang Pinguin Asli




Pinguin-cam (DailyMail)


Jakarta - Untuk mendapatkan film dokumenter tentang kehidupan pinguin secara detail, tim dari BBC ini memanfaatkan keberadaan puluhan kamera pengintai. Menariknya, kamera-kamera ini ditempatkan di dalam animatronik pinguin.

Tim dari BBC memang sengaja membesut animatronik yang bentuknya menyerupai pinguin agar bisa membaur dalam koloni mereka. Ide itu tak berhenti di sini. Agar bisa bertahan 'hidup', animatronik tersebut didesain secara tangguh.


Dikutip dari DailyMail, Rabu (19/2/2013), tak jarang replika yang dibuat mendapat 'serangan' dari pinguin asli, semisal dipukul oleh partner yang cemburu atau harus memanjat tebing es.


Nah, rupanya sang pencipta sudah mengantisipasi keadaan ini. Penguin cam ini memiliki kelebihan masing-masing. Selain dirancang untuk bisa berjalan, ada juga yang juga diciptakan untuk bisa bangun kembali setelah mendapat pukulan. Selain di mata, kamera pengintai ini ditempatkan juga di tubuh pinguin tiruan itu.


Adalah kameramen sekaligus ilmuwan Frederique Olivier (36) dan asistennya Martin Passingham (42) yang menghabiskan hampir setahun di Antartika dan bertanggung jawab terhadap dokumenter berjudul " ini.


Mereka menyebar kreasinya di 3 komunitas pinguin yang berbeda. Dari dokumenter ini, penonton bisa menilik kehidupan pinguin secara lebih dekat termasuk menyaksikan bagaimana perkelahian antar pasangan pinguin terjadi, dan masih banyak lagi.


Dan ternyata, tak hanya menanamkan kamera pengintai di tubuh pinguin. Spy cam serupa turut dibenamkan di dalam telur tiruan hingga di kamera pinguin underwater. Untuk replika terakhir ini, ia bisa dikontrol dari jarak jauh melalui remote dan mampu menyelam sampai kedalaman 300 kaki.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!