iPhone 5 Dongkrak 'Porsi Kue' Pasar Apple




iPhone 5 (detikinet)


San Francisco - Produk baru kerap membawa berkah, seperti yang dialami Apple. Tingginya permintaan akan iPhone 5 rupanya ikut menumbuhkan 'porsi kue' Apple dalam pengapalan smartphone global.

Data terbaru yang dipublikasikan firma riset Canalys memperlihatkan, total pengapalan iPhone pada kuartal terakhir 2012, yakni 4,8 juta unit, merepresentasikan 22 persen dari pasar smartphone global. Angka ini, naik sebesar 15 persen dari kuartal yang sama di 2011.


Canalys mencatat, secara keseluruhan pengapalan ponsel memang datar untuk rentang tiga bulan, yakni 438,1 juta unit. Namun di luar itu, pasar smartphone tumbuh 37 persen mencapai 216,5 juta unit pada periode yang sama.


Berbicara soal sistem operasi, Android merajai dengan jatah 34 persen dari semua ponsel yang dikapalkan. Sementara iOS, prosinya tumbuh ke angka 11 persen. Android sendiri memegang 69 persen pasar smartphone, turun dari sebelumnya 74 persen dari kuartal ke kuartal.


Data ini juga merilis analisa per vendor. Samsung tumbuh 78 persen pada kuartal yang dihitung Desember. Sementara vendor asal China seperti Huawei, ZTE dan Lenovo memperlihatkan pertumbuhan tiga digit. Apple dan Samsung masih mendominasi pasar smartphone, setelah masing-masing mengapalkan 47,8 juta dan 62,9 juta perangkat.


"BlackBerry, Microsoft dan Nokia, juga vendor Android, masing-masing memiliki strategi dan perangkat jagoannya untuk menyerang pasar. Tapi tugas mereka lah yang lebih berat," kata Principal Analis di Canalys, Pete Cunningham, dilansir Apple Insider, Selasa (11/2/2013).


"Jika kita melihat keseluruhan 2012, Nokia masih menjadi vendor smartphone nomor tiga, mengapalkan 35 juta unit perangkat. Namun Apple di posisi kedua mengapalkan 101 juta lebih banyak. Dan Samsung yang bercokol di posisi satu mengapalkan 74 juta lebih banyak dari Apple. Selisih ini sangat besar," ujarnya.


( rns / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!