Nikon Patenkan Kamera yang Bisa Gonta-ganti Sensor

Tokyo - Kamera dengan kemampuan berganti lensa, atau biasa disebut interchangeable lens, sudah banyak dijumpai di pasaran. Dan ada kemungkinan di masa depan, kita akan melihat kamera yang tak hanya bisa gonta-ganti lensa, namun juga berganti sensor.

Salah satu raksasa di bisnis kamera, Nikon, dilaporkan telah mendaftarkan paten di Jepang yang menampilkan kemampuan tersebut. Paten ini menjelaskan cara membuat mounting unit sensor, dengan tingkat akurasi yang tinggi.



Namun ternyata, ini bukan kali pertama Nikon mendaftarkan paten serupa. Pada 2009 lalu, perusahaan asal Jepang ini juga mendaftarkan paten interchangeable sensor di kamera mirrorless, demikian seperti detikINET kutip dari NikonRumors, Selasa (1/10/2013).


Mengacu pada aplikasi yang diajukan, sensor tersebut memiliki sistem Auto Focus (AF), kecepatan (fps) dan jumlah piksel yang berbeda. Akan tetapi meski paten telah diajukan, biasanya belum tentu pihak perusahaan akan mewujudkannya di dunia nyata.


Nah, apakah Nikon bakal merealisasikan paten yang satu ini? Kita tunggu saja.


(sha/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!