Pinterest dan Path Berebut Logo 'P'

Jakarta - Logo Path dan Pinterest tampak mirip? Path tampaknya berpikir demikian. Apalagi keduanya sama-sama jejaring sosial berbagi foto. Untuk itu, Path berupaya mencegah Pinterest merebut trademark logo 'P' darinya.

Pinterest baru-baru ini berniat mematenkan trademark logo 'P' yang selama ini dipakainya, dengan mengajukannya ke lembaga paten Amerika Serikat. Mengetahui hal ini, Path pun mengajukan permohonan perpanjangan untuk mengajukan perlawanan.



Sepertinya memang terlalu dini memprediksi arah perebutan trademark logo ini. Namun dijelaskan pakar paten Lenny Kravets, jika Pinterest diberi hak atas trademark 'P', ini bisa saja menghambat Path dan aplikasi lain yang punya logo mirip, menggunakan desain yang serupa.


detikINET kutip dari Tech Crunch, Senin (9/9/2013), sengketa semacam ini kerap terjadi di ranah trademark. Tak heran, mengingat setiap perusahaan ingin punya logo dan merek yang unik dan berbeda dari kompetitornya.


Kasus Path dan Pinterest, terbilang menarik karena desain logo keduanya memang punya gaya yang semakin mirip. Kemiripan ini memang bisa saja menimbulkan kebingungan di antara pengguna.


Juli silam, aplikasi Pinterest di mobile mengalami update design yang sangat signifikan. Layanan berbagi foto ini memperkenalkan interface dan animasi baru. Animasi yang ditampilkan, hampir serupa dengan yang dipopulerkan Path, yakni ikon bulat kecil yang akan muncul saat pengguna melakukan tap pada layar.


Di Path, pengguna melakukan tap pada tombol '+' di bagian bawah layar untuk memunculkan aktivitas posting yang bisa mereka lakukan seperti photo, music, location dan masih banyak lagi.


Di Pinterest, animasi ini hanya muncul ketika pengguna menekan dan menahan pin yang dibagi. Kemudian pengguna harus menggeser jari untuk menandai like, favorite, email atau re-pin.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!