Produksi iPhone 5S Terhambat Pasokan Lensa

Jakarta - Pekan lalu, Apple mengumumkan smartphone terbarunya, iPhone 5S dan iPhone 5C. Keduanya kini memasuki tahap produksi. Sayangnya, proses produksi dilaporkan terhambat karena pasokan lensa.

Rumor mengenai seretnya pasokan ini santer beredar di sejumlah situs dan blog teknologi. iPhone 5S disebut-sebut yang paling terkena dampaknya. Salah satu pemasok komponen Apple di Taiwan menyebutkan, terhambatnya produksi kedua ponsel ini dipengaruhi pasokan modul lensa kamera.


Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (18/9/2013), Largan Precision adalah satu-satunya pabrikan yang bisa membuat modul lensa kamera dengan kualitas baik. Sementara modul lensa kamera buatan pemasok lain, dinilai Apple memiliki kualitas kurang baik sehingga mereka dituntut untuk meningkatkan kualitas komponen yang dibuat.


Laporan ini juga menyebutkan, perusahaan lain asal Taiwan bernama Genius Electronic Optical, mengaku sudah menerima pesanan pembuatan kamera untuk iPhone 5C. Sejumlah analis memperkirakan, kondisi ini kemungkinan disebabkan karena lemahnya permintaan.


Meski demikian, analis lain ada yang memprediksi, Apple akan menerima sekitar 2,2 juta unit pre order iPhone 5C di hari pertama penjualan. Laporan ini tidak menyebutkan seberapa besar dampak masalah produksi ini terhadap pengapalan iPhone baru nantinya.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!