Polisi Sebut Remaja Ini Super Hacker

Jakarta - Di usianya yang tergolong masih belia, hacker ini memang terbilang jago. Bahkan polisi yang meringkusnya menyebut dia sebagai super hacker.

Sebutan itu bukan tanpa alasan, karena polisi sendiri butuh waktu sekitar satu tahun untuk bisa membekuk remaja tersebut lengkap dengan bukti-bukti kesalahannya.


Remaja 19 tahun yang tidak disebutkan namanya itu tinggal bersama ayahnya yang uga ahli komputer di Buenos Aires, Argentina. Hacker belia ini terbukti telah melakukan beberapa pelanggaran.


Melalui kamarnya, ia berhasil mencuri berbagai jenis transaksi online dan membobol banyak sekali situs judi. Dalam sehari remaja menghasilkan sedikitnya USD 50 ribu atau setara Rp 57 juta.


Dalam melakukan aksinya, ia terlebih dahulu membuat malware yang menginfeksi banyak komputer. Kemudian perangkat para korbanya itu ia jadikan 'zombie' untuk membangun sebuah jaringan.


Saat menangkap remaja tersebut polisi juga harus mematikan aliran listrik di sekeliling wilayah tempat tinggalnya. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah pelaku menghapus jejak krimalnya.


Seperti dikutip detikINET dari BBC, Kamis (19/9/2013), hacker remaja itu didakwa dengan tiga tuntutan dengan ancaman 10 tahun penjara.


Artikel Terkait:

-. Mereka yang Jadi Bulan-bulanan Hacker China

-. Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Berpengaruh di Dunia

-. 5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat

-. 6 Hacker Remaja yang Mengguncang Dunia Komputer

(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!