Keamanan Windows Phone 8 Akhirnya Diakui AS

Jakarta - Di Amerika Serikat, tak semua ponsel boleh digunakan untuk lingkup pemerintahan. Dibutuhkan sejumlah sertifikasi keamanan yang dimiliki sebuah ponsel sebelum akhirnya dibolehkan penggunaannya.

Microsoft selaku pembesut Windows Phone 8 baru saja mendapatkan sertifikasi keamanan yang dimaksud. Dengan kata lain perangkat Windows Phone 8 bakal menjadi perangkat yang kesekian yang dibolehkan penggunaannya dalam lingkup pemerintah AS.


Diperolehnya sertifikat keamanan dengan sebutan FIPS 140-2 tersebut, artinya pemerintah AS telah membolehkan algoritma kriptografi yang diadopsi Windows Phone 8 untuk melindungi data milik pemerintah AS saat dibenamkan di perangkat mobile.


Namun Microsoft belum bisa berbangga atas pencapaiannya tersebut. Sebab seperti detikINET kutip dari The Next Web, Rabu (18/9/2013), Samsung telah lebih dulu memperoleh sertifikasi keamanan tersebut sejak tahun lalu lewat Galaxy Tab 10.1 WiFi, Galaxy Tab 10.1 4G LTE Verizon, dan Galaxy S II.


Bahkan BlackBerry justru telah lebih dulu memperolehnya sebelum platform Blackberry 10 pertama kali diluncurkan tahun lalu.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!