Spesifikasi AMD 'Hawaii' Mulai Terkuak

Jakarta - Hanya dalam hitungan hari AMD disebut bakal mengumumkan kehadiran kartu grafis terbarunya. Diduga kuat ini bakal menjadi penantang kuat Nvidia GeForce 'Titan' yang terlebih dahulu hadir

Menjelang waktu pengumumannya, spesifikasi yang diduga bakal diusung kartu grafis AMD ini malah mulai terkuak. Kartu grafis yang disebut mengusung kode R9 290X ini diisukan akan menggunakan GPU berbasis Graphic Core Next (GCN) generasi kedua pada sektor dapur pacunya.


Mengandalkan ukuran die 430 milimeter persegi (18 % lebih besar dari Tahiti), Hawaii akan dibekali 2816 stream processor (SP) didalamnya, yang terdiri dari 44 kluster berisi 64 SP di tiap klusternya. Meningkat 37,5 % lebih banyak dibanding Tahiti yang merupakan Radeon seri HD 7900.


Adapun RAM yang bakal diusungnya menggunakan jenis DDR5 dan mengandalkan interface 384-bit. Kapasitasnya sendiri diisukan memiliki ukuran 3 GB dengan kecepatan clock 1,25 GHz.


Spesifikasi lainnya adalah penggunaan 176 TMU dan 32 atau 48 ROP dalam jeroannya. Selain itu, kecepatan clock-nya disebut berlari pada kecepatan 800 MHz.


Kelebihan lainnya, seperti detikINET kutip dari Tech Power Up, Kamis (19/9/2013), adalah dukungan DirectX 11.2 yang bakal menawarkan fitur hyped shared resources (mega-texture).


(yud/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!