BBM di Android dan iOS Beda 6 Jam

Jakarta - BlackBerry telah resmi mengumumkan ketersediaan BBM lintas platform. Di Indonesia, aplikasi messaging ini bisa di-download terlebih dahulu di And‎roid, baru kemudian di iOS iPhone enam jam setelahnya.

Dalam peresmian BBM cross platforms di the Foundry, SCBD, Jakarta, Kamis (19/9/2013), Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiono Handoyo, mengumumkan kapan BBM bisa diunduh bagi pengguna di Indonesia.


"BBM sudah bisa di-download oleh pengguna ‎Android di Google PlayStore 21 September jam 6 sore WIB, dan untuk iPhone di AppStore enam jam setelahnya, pukul 00.01 atau sudah masuk 22 September," ujarnya.


Kenapa BlackBerry baru melakukan lintas paltform itu sekarang? CEO BlackBerry Thorsten Heins pernah mengatakan, "Mengapa kami melakukannya sekarang? Memang sudah waktunya. Ini menunjukkan bahwa kami tidak takut bersaing dengan platform lain".


BlackBerry sepertinya gemas dengan popularitas layanan messaging lain, katakan WhatsApp, Kakao Talk, Line ataupun WeChat. Padahal mereka yakin BBM tak kalah hebat.


Dilihat dari sudut yang berbeda, BBM memang masih kalah jauh dengan WhatsApp dengan 200 juta pengguna aktif. Tapi ingat, WhatsApp adalah layanan lintas platform.


Ketika BBM hadir di App Store dan Android Google Play Store maka sudah sahih bila menyebutkan strategi BlackBerry ingin membuat BBM seperti layaknya WhatsApp, Line, KakaoTalk dan WeChat.


Dalam acara peresmian BBM lintas platform di Tanah Air, BlackBerry turut mengundang perwakilan dari komunitas Android dan iPhone. Acaranya sendiri masih berlangsung, dan penuh sesak oleh para undangan yang terlihat cukup antusias.


(rou/tyo)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!