Plin-plan, HP Kini Bantah Buat Smartphone

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) mungkin masih ragu-ragu memutuskan untuk terjun kembali pasar smartphone. Bukan pengumuman smartphone baru yang disampaikan, perusahaan asal Amerika Serikat ini malah membantah pernyataannya sendiri soal rencana membuat ponsel.

Sebelumnya, HP memang disebut-sebut akan mencoba sekali lagi memasuki pasar smartphone. Selama rumor beredar, HP tetap bungkam. Sejumlah analis menilai HP lebih berhati-hati, mengingat ponsel berbasis webOS yang dirilisnya dahulu gagal memikat pasar.


Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (18/9/2013), HP dikabarkan akan membuat ponsel dengan OS Windows Phone. Baru-baru ini, juru bicara HP secara resmi mengeluarkan bantahan.


"Kabar itu isapan jempol belaka dan tidak ada kaitannya dengan apapun yang tengah digarap HP. Seseorang berupaya mengembuskan kabar tersebut," ujar sang juru bicara.


Padahal sebelumnya, Senior Director of Consumer PC and Tablets Asia-Pacific HP, Yam Su Yin dalam sebuah wawancara awal tahun ini mengiyakan akan akan mencoba terjun lagi ke ranah smartphone.


"Jawabannya adalah ya," kata Yim saat ditanya wartawan di acara tahunan HP yang berlangsung di Beijing, China, Juni silam. Namun dirinya tak bisa memastikan kapan tepatnya rencana ini dilaksanakan.


Yin mengatakan, HP terus memantau pasar smartphone dan mengevaluasi cara yang bisa membedakannya dengan para kompetitor. Bahkan CEO HP Meg Whitman pun tahun lalu menjanjikan akan terjun kembali ke bisnis ponsel.


"HP belum berencana meluncurkan smartphone tahun depan. Tapi perlu menjual setidaknya satu smartphone agar tidak tertinggal di pasar yang besar ini," ujarnya kala itu.


Menurutnya, HP memang harus berkecimpung menggarap smartphone, karena smartphone itu sendiri adalah perangkat komputer baru yang digunakan banyak orang saat ini. Dan komputer sendiri adalah arena di mana HP bekerja.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!