Awas Jebakan Iming-iming iPhone 5S Gratis!

Jakarta - Rasa penasaran orang terhadap iPhone terbaru, iPhone 5C dan iPhone 5S, ternyata membuat penjahat cyber menyiapkan jebakan baru untuk menarik korbannya. Pengguna internet pun diminta waspada.

Kejahatan cyber memanfaatkan momen ini untuk melakukan aksinya dengan menyebarkan spam yang isinya menjanjikan produk iPhone ternyar secara gratis diselubungi kedok sebuah kontes.


Dalam laporan perusahaan keamanan Trend Micro ditemukan contoh-contoh pesan spam untuk menipu melalui notifikasi email seolah-olah berasal dari Apple Store, padahal jelas-jelas palsu.


"Kami menemukan contoh pesan spam yang berupaya untuk menipu notifikasi email Apple Store. Pesan spam itu menginformasikan penerima pesan bahwa mereka telah memenangkan iPhone 5S dan iPad," ungkap Merianne Pollintan, Peneliti Anti-Spam Trend Micro, melalui keterangan resminya, Kamis (19/9/2013).


Untuk mendapatkan hadiah ini, penerima email spam diminta untuk menuju suatu website dan diminta memberi tahu alamat email mereka beserta passwordnya. Hal ini jelas mengakibatkan kredensial penerima email spam berada di tangan sang pelaku kejahatan cyber.


Masih menurut Trend Micro, Malaysia dan Singapura menjadi negara yang paling banyak terpengaruh oleh email phising iPhone 5S ini dibanding negara lain dengan presentase 57% dan 17%.


(tyo/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!