Dompet Digital Google Meluncur di iOS

Jakarta - Layanan transaksi keuangan digital Google Wallet mulai membuka diri untuk perangkat berbasis iOS. Walaupun pada kenyataannya, iDevice tak mendukung teknologi Near Field Communication (NFC).

Seperti diketahui, Google Wallet memakai teknologi NFC yang selama ini dibenamkan di ponsel berbasis Android. Lalu bagaimana Google Wallet bekerja di iOS?


Tanpa NFC tentu saja Google Wallet tak bisa beraksi dengan maksimal, karena penggunanya hanya terbatas untuk mentransfer uang ke akun email pengguna lain yang menggunakan Google Wallet. Mirip dengan PayPal, demikian seperti dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (20/9/2013).


Google Wallet di iOS ini juga menganut sistem pembayaran melalui kartu kredit dan debit, tetapi juga memungkinkan pengguna menyimpan program reward dari vendor untuk ditukarkan di toko yang telah menjalin kerjasama.


Berbeda dengan handset kebanyakan, Apple memang belum memeluk teknologi NFC, dan malah telah beralih ke Bluetooth dengan energi rendah untuk jarak pendek konektivitas nirkabel.


Sebagai contoh, baru fitur AirDrop di iOS 7 menggunakan Bluetooth untuk memindai perangkat di dekatnya, sebelum secara otomatis beralih ke Wi-Fi untuk transfer file lebih cepat.


Mirip Google Wallet, Apple sendiri juga mempunyai aplikasi Passbook yang sampai saat ini baru bisa digunakan di negara tertentu saja. Tak memaksimalkan Bluetooth namun lebih ke menyimpan barcode.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!