Industri Perlengkapan Kamera di China Terus Bergairah

Jakarta - China menjadi basis manufaktur perlengkapan kamera terbesar di dunia. Bisnis ini menjadi ladang emas dan tiap tahunnya, pendapatan yang dihasilkan terus meningkat.

IBISWorld melaporkan, revenue industri tersebut di China diharapkan akan mencapai USD 15,3 miliar di tahun 2013. Dalam 5 tahun terakhir, pendapatan itu memang mengalami pertumbuhan yakni sekitar 6,5% tiap tahunnya.


Kamera digital tak lagi menjadi barang mewah bagi kebanyakan warga China. Permintaan domestik untuk perlengkapan kamera digital meningkat terus karena turunnya harga, meningkatnya pendapatan rumah tangga dan permintaan yang besar untuk produk high-end seperti DSLR.


Seperti dikutip dari Wric, Jumat (20/9/2013), kini ada sekitar 130 perusahaan yang berada di industri tersebut. Empat pemain raksasa di sini yakni Foshan Pulihua, Canon, Samsung dan Sony jika digabungkan, menyumbang 73,3% dari semua revenue.


Camera Equipment Manufacturing Industry di China memproduksi kamera dan perlengkapan fotografi. Kamera yang dimaksud meliputi kamera film, kamera digital dan SLR. Sedangkan yang dimaksud dengan perlengkapan fotografi termasuk fasilitas kamar gelap, flash, lensa zoom serta aksesoris kamera.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!