Mengintip Keandalan ThinkPad

Jakarta - Bagi para pelaku IT, brand ThinkPad harusnya sudah tak asing lagi. Selain dikenal 'tahan banting', laptop besutan Lenovo yang dulunya milik IBM ini juga bisa diandalkan berkat sejumlah kelebihan yang ditawarkan.

Tampil dengan desain yang timeless, ThinkPad berevolusi dari yang tadinya tampil kekar dan tangguh menjadi lebih elegan, namun tanpa melepaskan ketangguhan yang dimilikinya. Hal tersebut ditonjolkan Lenovo lewat material carbon-fiber yang diandalkannya pada bagian belakang layar.


"Selain memiliki kekuatan di atas material yang umum digunakan pada sebuah notebook, Lenovo juga menghadirkan ekslusivitas carbon-fiber bagi pengguna ThinkPad," ucap Kevin Beck, Senior Competitive Analyst Lenovo di Wisma BNI 46, Jakarta, Selasa (17/9/2013).


thinkpad x1 carbon


Tidak hanya itu, Beck juga mengumbar sistem pendingin ThinkPad yang kini telah memasuki generasi ketujuh. Selain diklaim tampil makin mumpuni dan senyap dibanding generasi sebelumnya, sistem pendinginan teranyar ThinkPad ini juga disebut memiliki kelebihan anti debu.


Hal tersebut dimungkinkan dengan cara menghilangkan aliran listrik statis yang biasanya menempel pada material pendingin (tembaga). Dengan begitu, debu yang biasa menempel akibat listrik statis tidak akan terjadi pada sistem pendinginan ThinkPad.


"Dengan menghilangkan listrik statis yang mengaliri material pendingin, sistem pendingin ThinkPad kini bekerja makin optimal tanpa terganggu kehadiran debu yang menghambat proses pelepasan panas," umbar Beck.


Kelebihan lain yang dimiliki ThinkPad adalah pengujian ala militer yang harus dilalui notebook besutan Lenovo itu sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen. Setidaknya ada 8 tingkat pengujian yang harus dilaluinya mulai dari dioperasikan berjam-jam pada suhu ekstrem hingga dioperasikan pada tekanan sangat tinggi.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!