Tablet Nokia Sudah Disertifikasi

New York - Meski Nokia belum secara resmi mengonfirmasikan sedang membuat tablet, bocoran perangkat baru dari perusahaan asal Finlandia ini sedikit demi sedikit terungkap. Peluncuran tablet ini pun tampaknya kian mendekati kenyataan.

Baru-baru ini, beredar bocoran dokumen yang memperlihatkan perangkat tersebut sudah mendapatkan sertifikasi dari regulator telekomunikasi Amerika Serikat, Federal Communications Commission (FCC).


Dikutip detikINET dari Cellular-news, Selasa (30/9/2013), dokumen yang diajukan ke FCC itu tersebut mencantumkan perangkat dengan nama Nokia RX-114. Deskripsi perangkat mengungkapkan Nokia menggarap tablet yang mendukung LTE, GSM/Edge dan HSPA+.


Meski demikian, tidak ada informasi lebih detail mengenai tablet ini. Dokumen setebal 167 halaman itu tidak mencantumkan spesifikasi perangkat secara detail, dan hanya menyebut kata 'tablet' sekali, tepat di bagian akhir halaman.


Sebelumnya, beredar kabar tablet ini menyandang nama kode 'Sirius'. Tablet yang akan menggunakan sistem operasi Windows RT ini secara fisik, penampilannya tampak seperti smartphone Lumia, namun dalam ukuran 10,1 inch.


Dari sisi dapur pacu, Nokia mempercayakan prosesor Snapdragon 800 quad-core dari Qualcomm sebagai otaknya, ditambah dengan kapasitas RAM 2GB. Selain konetivitas LTE, Sirius akan dibekali sejumlah fitur seperti port microSD, kapasitas penyimpanan 32GB, konektor Micro HDMI dan port Micro USB.


Sebuah sumber yang dekat dengan Nokia mengungkapkan, tablet ini sudah dalam tahap pengembangan akhir dan siap diluncurkan dalam waktu dekat. Namun sumber tersebut tidak menyebutkan perkiraan waktu peluncurannya. Diperkirakan tablet ini akan muncul pada event Nokia yang diselenggarakan di Abu Dhabi, akhir Oktober tahun ini.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!