Jas Gaya Ini Bisa Nge-charge Ponsel dan WiFi

Jakarta - Wearable tech ke depannya akan meluas tak hanya jam tangan pintar atau kacamata pintar saja. Pakaian yang dikenakan pun nantinya bisa berubah menjadi pakaian pintar berteknologi tinggi.

Adalah M, sebuah jas yang dibuat oleh produsen pakaian Motiif, menawarkan kecanggihan bagi para pemakainya. Pada mantel pintar ini, terdapat koneksi data 4G built in dan charger smartphone. Artinya, jas ini tak hanya berfungsi melindungi tubuh tetapi bisa dipakai nge-charge dan sebagai sumber koneksi WiFi.


Pendiri Motiif Rafael Balbi mengatakan, koneksi data M berasal dari provider layanan data Karma. Pengguna berlangganan data dari Karma untuk menikmati hotspot yang dipancarkan dari mantel mereka. Tiga bulan pertama sejak pembelian mantel, pengguna mendapatkan akses data gratis 1GB.


Dalam deskripsinya di website Motiif yang dikutip detikINET, Rabu (13/11/2013), Motiif menyediakan aplikasi smartphone khusus yang terintegrasi dengan mantel. Aplikasi ini akan memberikan informasi cuaca dan memberi saran kapan seharusnya mereka memakai M.


Untuk mengisi ulang baterai ponsel, M dilengkapi charging dock yang bisa digunakan untuk iPhone 4, iPhone 5S dan Samsung Galaxy S III dan Galaxy S4. Saat mengisi ulang baterai, pengguna hanya perlu menempatkan handset mereka di sebuah kantong yang terlekat di bagian dada untuk terkoneksi dengan charging dock secara wireless.


"Memiliki charging station di jas mungkin terdengar kurang nyaman, tapi jangan khawatir, bentuknya tidak besar dan tidak akan mengganggu kenyamanan berpakaian," ujar Balbi.


Charger diklaim bisa dipakai untuk mengisi ulang handset tiga sampai empat kali sehari. Untuk mengisi ulang daya charger di jas, cukup menggantungkannya pada gantungan khusus wireless charging pad yang masuk dalam paket pembelian jas.


Menariknya, dari segi desain jas ini tampak stylish sehingga tak hanya melindungi tubuh si pemakai tetapi juga membuat mereka tampil gaya. M masih dalam tahap pengembangan namun dijadwalkan siap dijual pada Februari 2014.


(rns/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!