Rakuten Tak Cuma Gelar Lapak Online

Jakarta - Rakuten, raksasa e-commerce asal Jepang, ternyata tak cuma mengandalkan marketplace online dalam ekspansi bisnisnya di Indonesia.

Selain e-commerce, seperti dituturkan Ryota Inaba, President Director & CEO Rakuten Belanja Online, pihaknya juga punya dua 'mainan' lain yang akan menopang laju perusahaan.


"Rakuten bukan cuma perusahaan e-commerce, tapi juga internet financial services dan digital konten. Ini segitiga bisnis yang jadi upaya kami untuk membentuk ekosistem," paparnya saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (13/11/2013).


Di Indonesia, Rakuten mengaku telah menemui sejumlah institusi keuangan untuk memberikan kemudahaan dukungan finansial bagi para pebisnis yang memanfaatkan jalur e-commerce Rakuten.


Selain itu, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Veritrans untuk payment gateway. Untuk urusan logistik, Rakuten juga bekerja sama dengan Caraka Group dalam hal pengiriman barang.


Kerja sama dengan Caraka sendiri makin lengket sejak keduanya bersama-sama membangun bisnis e-commerce di Wamena, Papua. Rakuten menyediakan akses internetnya, sedangkan Caraka menyediakan akses untuk keluar masuk pengiriman barang.


Sementara untuk digital konten, Rakuten belum lama ini mengakuisisi Viki, penyedia platform video streaming. Rakuten juga ikut menanamkan sahamnya di Pinterest.


(rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!