Tekla Gaet Inkindo

Jakarta - Guna meningkatkan kemampuan insinyur (engineer) dan konsultan desain konstruksi di Indonesia, produsen software komputer yang berbasis di Finlandia, Tekla Structures, menggandeng Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) DKI Jakarta untuk membangun Pusat Pelatihan Resmi (Authorized Training Centre /ATC).

Kerjasama ini dikukuhkan pada penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Tekla Rep. Office Indonesia dan pengurus Inkindo DKI Jakarta di Jakarta, Rabu 13 November 2013.


Country Manager Tekla Indonesia, Ajie Pamadaraji, menjelaskan fasilitas ATC itu akan memberikan pelatihan bagi para insinyur di Indonesia untuk lebih mengenal dan mengembangkan konsep BIM (Building Information Modelling) berbasis aplikasi permodelan 3 Dimensi (3D).


Software 3D yang disebut Tekla Structures akan menjadi alat edukasi dan bahan kajian tentang desain teknik struktur bagi para insinyur yang sudah berpengalaman dalam rancang bangun konstruksi moderen.


“Kami mendukung fasilitas pelatihan ini, karena melihat peluang signifikan agar Inkindo DKI Jakarta dan Tekla dapat berkolaborasi untuk memperoleh pengetahuan yang lebih, pendidikan serta pelatihan bagi para insinyur di Indonesia. Harapan kami, para insinyur dapat lebih memahami program aplikasi solusi BIM dari Tekla untuk desain teknik struktur,” ujar Ajie.


Tekla akan menyediakan program aplikasi dan perangkatnya sebagai sarana pelatihan secara gratis kepada para peserta maupun Inkindo DKI Jakarta. Pengelolaan fasilitas ATC dan pembiayaan pelatihan akan diserahkan kepada pengurus Inkindo DKI Jakarta.


Mereka yang berhak mengikuti pelatihan juga akan dipilih dan diajukan oleh Inkindo DKI Jakarta dengan status sebagai trainer, yang akan menjadi pelatih bagi rekan-rekannya setelah lulus dari pelatihan di ATC.Next


(ash/yud)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!