Caci Maki Steve Jobs untuk Pendiri Android

Jakarta - Bukan rahasia lagi jika Steve Jobs sangat membenci Android. Sampai-sampai, pendiri Android Andy Rubin sempat kena umpat Jobs dengan kata-kata yang begitu kasar.

Kecaman Jobs kepada Android dan pendirinya pun diulas dalam dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.


Seperti dilansir Boy Genius Report, saking kesalnya, Jobs bahkan menyebut Andy Rubin dengan kalimat, "Big, arrogant f**k,” and Android itself as a “f****ng rip off of what we’re doing".


Tidak berapa lama sebelum kematiannya, Steve Jobs memang menyatakan sangat ingin menghancurkan Android. Kata-katanya yang cukup terkenal, dia hendak melancarkan perang termonuklir dengan Android yang dinilainya menjiplak iOS.


"Aku akan menghabiskan nafas terakhirku jika perlu dan aku akan menghabiskan semua uang USD 40 miliar milik Apple di bank, untuk membenarkan kekeliruan ini," kata Jobs pada penulis biografi resminya, Walter Isaacson.


"Aku akan menghancurkan Android, karena ini adalah produk curian. Aku mau melakukan perang termonuklir atas hal ini," demikian tambah Jobs.


Tak cuma Andy Rubin, Jobs juga membenci mantan CEO Google Eric Schmidt karena merasa dikhianati. Schmidt pernah menduduki dewan direksi Apple pada 2006 hingga 2009, namun lantas mengundurkan diri. Keluarnya Schmidt lantas disusul dengan peluncuran Android. Tak ayal, Google pun berhadapan langsung dengan Apple dalam bisnis smartphone.


Artikel Terkait:

-. Andy Rubin, Sosok Jenius yang Mengotaki Android


-. Sejarah Android Sebelum Menguasai Dunia

-. 10 Perusahaan Hebat yang Dibangun 'Alumni' Apple


(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!