Banyak Dibajak, Berapa Kerugian Pembuat Football Manager 2013?

Jakarta - Dengan jumlah kepingan ilegal mencapai 10,1 juta kopi, Football Manager 2013 menjadi salah satu game yang sering dibajak. Berapa kira-kira kerugian pemiliknya?

Pada ajang London Games Conference 2013, Miles Jacobson, sebagai produser seri Football Manager menyebutkan bahwa game buatannya itu banyak dibajak. Ia pun membeberkan negara mana saja yang paling banyak menggunakan versi ilegal Football Manager 2013.


Pun demikian, Jacobson tak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya. Meski sudah menggunakan proeksi yang paling muthakir game buatannya itu bisa dibobol dalam waktu 6 bulan.


Tercatat, sejak dirilis November 2012, Football Manager 2013 hingga kini telah dibajak sebanyak 10,1 juta kali. Dan menurut perhitungan mereka, dari jumlah sebesar itu hanya sekitar 1,74% yang berpotensi membeli secara resmi.


Secara persentase mungkin angka itu tergolong kecil, tapi kalau diuangkan nilainya bisa mencapai lebih dari USD 3,7 juta.


"Uang sebesar itu bisa kami gunakan untuk merekrut anggota tim baru," kata Jacobson, seperti detikINET kutip dari MCVUK, Jumat (15/11/2013).


Oleh sebab itu Jacobson meminta para penggemarnya untuk menggunakan Football Manager versi asli. Karena hasil keuntungannya bisa dipakai untuk mengembangkan game tersebut di masa depan.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!