Aplikasi Refocus Nokia Sudah Bisa Dijajal

Jakarta - Aplikasi fotografi menarik yang diumumkan Nokia di Abu Dhabi beberapa waktu lalu, kini sudah bisa didownload. Adalah aplikasi Refocus yang mengijinkan pengguna memotret dulu dan menentukan fokusnya belakangan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi terpisah yang bekerja di jajaran PureView Windows Phone. Kemampuan tersebut bukan hal baru. Sebelumnya, kamera dengan nama Lytro juga memboyong kemampuan refocus ini.


Namun, Nokia tidak memakai piranti keras khusus dalam hal ini. Alih-alih, aplikasi Refocus hanya melakukan bidikan 2 hingga 8 foto untuk mewujudkannya. Nokia mengatakan mendesain apps ini untuk scene dengan depth of field seperti macro.


Dikutip dari situs resmi Nokia, Kamis (14/11/2013), aplikasi akan mengambil masing-masing foto dalam ukuran 5 MP dengan fokus yang berbeda. Nantinya beberapa foto itu bakal 'dijahit' menjadi satu foto.


Nah, dengan melakukan tap di bagian manapun pada foto tersebut, pengguna akan bisa menggeser fokus di tempat yang diinginkan. Saat pengguna membaginya ke jejaring sosial lain, misalnya ke Facebook, orang lain pun akan bisa menjajal kemampuan refocusnya.


Aplikasi Nokia Refocus tersedia secara ekskusif untuk smartphone Nokia Lumia PureView, seperti Nokia Lumia 920, Lumia 925, Lumia 928 dan Lumia 1020 (dengan update Amber) hingga Lumia 1520.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!