Jangan Harap Dapat WiFi Gratisan!

China - Tak bisa dipungkiri lagi perkembangan teknologi di China sungguh pesat. Bahkan, mereka sudah bersiap lompat ke jaringan LTE atau yang dikenal dengan teknologi 4G.

Bagi peselancar dunia maya, China merupakan surga yang pas. Kecepatan browsing di sini benar-benar murni. Jika sebuah vendor menjanjikan 1 Mbps, maka kecepatan yang akan dinikmati adalah 1 Mbps.


Tapi jangan salah, rupanya negara ini bukan surga bagi para pencari WiFi gratisan. Saat detikINET berkunjung ke provinsi Qingdao, Rabu (13/11/2013), tak ada 1 sinyal WiFi yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.


Bahkan, di bandara Qingdao yang sudah taraf internasional, jangan harap ada WiFI gratisan. Untuk dapat menggunakan WiFi di sini minimal kita harus memakai kartu provider asal China.


Kevin, salah seorang pekerja di sini mengatakan di China memang sukar sekali mendapat WiFi gratisan. "Hampir di tiap provinsi pasti seperti ini (susah dapat WiFi gratisan)," ucap Kevin.


Kejadian serupa juga dialami di Macau. Negara yang dikenal dengan istilah Las Vegas ala Asia ini juga 'neraka' bagi pencari WiFi gratisan. Negara di bawah pemerintahan China ini juga tak menyediakan fasilitas wifi di tempat umum.


Setidaknya, hal ini sangat berbeda jauh dengan apa yang terjadi di Jakarta. Jika di Jakarta kita dapat menikmat dengan bebas di pusat-pusat kota. Bahkan di Bandara Soekarno Hatta pun kita bisa nikmati WiFi tanpa perlu memiliki sim card asal Indonesia.


(rvk/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!