Ponsel Jolla Buatan Eks Karyawan Nokia Siap Debut

Jakarta - Ponsel Jolla berbasis OS Sailfish sebentar lagi akan segera bisa dimiliki. Jolla sendiri adalah perusahaan startup yang digawangi sekelompok mantan pegawai Nokia. Sailfish adalah OS yang mereka kembangkan.

Jolla akan segera mengeluarkan ponsel pertama yang berbasis Sailfish pada 27 November mendatang. Finlandia akan menjadi negara perdana yang menjual ponsel cerdas tersebut.


Seperti dilansir detikINET dari GSM Arena, Jumat (15/11/2013), Jolla akan menjual ponselnya dengan harga 399 euro atau sekitar Rp 6,2 jutaan. Ponsel ini akan hadir dengan 9 warna yang berbeda.


Jolla mengklaim OS Sailfish punya banyak tambahan fitur. Yang lebih penting lagi dari pengembangan tersebut, aplikasi Android tak perlu lagi dimodifikasi agar bisa berjalan di platform Sailfish.


Menurut Jolla, pengguna ponsel berbasis Sailfish bisa bebas mendownload aplikasi Android dari berbagai sumber, seperti Google Play Store, Amazon Appstore atau toko aplikasi Android lain.


Berbekal prosesor dual-core 1.4 Ghz, ponsel Jolla dengan layar sentuh 4,5 inch qHD ini mendukung jaringan 4G LTE, dibekali kamera 8 megapixel dan memori internal 16GB.


Sekedar diketahui, tim yang kini mendirikan Jolla dulunya adalah para profesional di Nokia yang mengawal divisi OS MeeGo yang dipakai di ponsel N9 Nokia. Seperti diketahui, nasib MeeGo memang terkatung-katung.


Kolaborasi Nokia dengan Intel dalam pengembangan MeeGo tak berakhir indah. Nokia lebih memilih beralih menggunakan Windows Phone ketimbang MeeGo, dan pilihan itu kian ditegaskan Nokia dengan diakuisisi oleh Microsoft baru-baru ini.


(tyo/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!