Kabel Optik Putus, Telkom Kebut Perbaikan Jaringan

Jakarta - Telkom berharap bisa segera menyelesaikan perbaikan layanan, khususnya untuk akses komunikasi telepon dan data internet, sejak terputusnya jaringan kabel optik di dua lokasi Sumatera.

"Recovery diupayakan selesai malam ini. Gangguan hanya terjadi di Aceh, Sumut, dan Riau Daratan," kata Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo kepada detikINET, Selasa (12/11/2013).


Dijelaskan olehnya, jaringan optik Telkom di dua lokasi terputus akibat adanya pembersihan parit oleh salah satu instansi di daerah itu. Dua lokasi jaringan yang putus masing-masing di jalur Rengat-Bukit Kemuning dan jalur Duri–Dumai.


Akibat gangguan tersebut, akses komunikasi pelanggan Telkom di empat provinsi Sumatera mengalami gangguan sejak Senin siang. Untuk jalur optik ruas Rengat–Kemuning yang terkoneksi dengan sentral di Medan, Pekanbaru dan Jatinegara terputus pada pukul 13:27 WIB.


Titik putusnya kabel di jalur ini pada KM-42 dari Rengat ke Kemuningan. Dari observasi yang diperoleh, kabel terputus akibat adanya pembersihan parit oleh salah satu instansi di daerah itu.


Sedangkan untuk lokasi Duri-Dumai ke Bukit Dangas (Batam) terputus pada pukul 14:40 WIB. Jaringan optik di lokasi ini menghubungkan Medan, Pekanbaru dan Batam.


"Hingga saat ini tim Telkom sedang melakukan upaya recovery dengan melakukan penyambungan, diharapkan dapat segera teratasi. Diupayakan malam ini," pungkas Bobby.


(rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!