Geek, Ponsel Tizen dari ZTE

Jakarta - ZTE kabarnya telah menyiapkan dengan rapi kemunculan ponsel Tizen jagoannya. Smartphone ini diperkirakan akan mejeng tak lama lagi, yakni saat Mobile World Congress (MWC) 2014.

ZTE Geek, demikian nama smartphone tersebut, memang cukup bikin penasaran. Sebelumnya sempat beredar video berdurasi 3 menit yang menampilkan demo handset Tizen. Namun dilihat dari desainnya yang mirip seri Galaxy Samsung, tampaknya handset tersebut merupakan buatan sang vendor asal Korea Selatan.


Nah, sementara kemunculan ponsel Tizen Samsung masih terus molor, ZTE sepertinya ingin lebih dulu unjuk gigi. Namun meski rumor kemunculan ZTE Geek ke publik santer dikabarkan Februari mendatang, belum bisa dipastikan kapan smartphone ini dijual.


Kabar yang dilansir Digital Trends, Rabu (22/1/2014) hanya menyebutkan, ZTE dipastikan akan meluncurkan ponsel Tizen tahun ini, dan memasarkannya beberapa pekan setelah peluncuran.


Mengenai spesifikasinya masih simpang siur, ZTE Geek konon bakal dibekali chipset Intel. Namun bocoran lain ada juga yang menyebutkan ZTE Geek menggunakan Nvidia Tegra 4. Layarnya berukuran 5 inch, memiliki kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 1 megapixel, serta dibekali kapasitas penyimpanan internal 8GB.


Ini bukan pertama kalinya ZTE berkecimpung di sistem operasi (OS) berbeda selain Android. Perusahaan asal China ini sebelumnya juga menjadi vendor pertama yang menawarkan handset berbasis OS Firefox.


Tizen sendiri dikembangkan Samsung bersama Intel. Berbasis Linux, Tizen dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Tizen adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!