Studio Foto Volendam: Lebih Serius dari yang Diperkirakan!

Jakarta - Saat saya mengunjungi kota nelayan Volendam, Belanda, terdapat beberapa studio foto yang menawarkan jasa berfoto dengan kostum tradisional Belanda.

Baju nelayan yang sangat lucu, hitam, bersyal merah dan bertopi putih (bagi perempuan). Sementara untuk laki-laki mengenakan baju merah bertopi hitam dan terdapat alat musik mainan sebagai properti pendukung. Tidak lupa, semua memakai klompen (bakiak) khas Belanda dengan warna mencolok.


Hasilnya memang sangat menarik. Setidaknya, bukan hanya turis biasa yang berfoto melainkan juga para tokoh publik seperti Gus Dur, Megawati, dan AA Gym.


Sebagai bukti, foto mereka dipajang di etalase studio. Keuntungan bisnisnya cukup efektif. Yakni mampu memprovokasi turis Indonesia untuk berfoto-foto di studionya dengan membayar 20 euro.


Mahal? Bisa iya, bisa juga tidak. Namun kalau diperhatikan, harga tersebut cukup pantas untuk memperoleh foto portrait keluarga yang monumental.


Bukan karena Volendamnya yang bergengsi (meski unsur ini juga penting), melainkan para penjual jasa tersebut tampaknya tidak mau mengecewakan pelanggan.


Bagaimana tidak, pertama mereka menyiapkan kostum dengan sempurna. Termasuk wardrobe yang bisa digunakan untuk memotret kelompok hingga 30-an orang. Bahkan untuk anak kecil (balita) hingga orang gede, ukurannya sudah disiapkan.Next


(Ari/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!