PS4 dan Xbox One Laris, AMD Sumringah

Jakarta - PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One saling berkompetisi untuk menjadi konsol yang paling laris. Tapi siapapun pemenangnya, AMD akan tetap tersenyum.

Sebab, kedua konsol tersebut memang menggunakan chip racikan AMD. Selain PS4 dan Xbox One, Nintendo Wii U juga demikian. Tak heran jika kemudian laporan keuangan AMD menuliskan nilai yang baik.


Dalam tiga bulan terakhir pendapatan AMD melonjak. Total pada kuartal keempat 2013, AMD berhasil meraup sekitar USD 1,589 miliar. Naik cukup signifikan dari pendapatan 2012 di periode yang sama yakni USD 1,155 miliar.


Pendapatan yang luar biasa itu banyak disumbang oleh divisi Graphical and Visual Solutions, yakni departemen yang membuat GPU untuk laptop, desktop, workstation dan konsol game.


Namun sayangnya penjualan prosesor seperti APU, chipset, dan micro server tidak sebaik pencapaian AMD pada penjualan GPU. Tercatat, pendapatan AMD turun dari USD 829 juta di tahun lalu menjadi USD 722 juta pada kuartal keempat 2013.


Pun begitu, turunnya pendapatan pada divisi prosesor masih dinilai baik. Sebab jika dilihat dari sisi kerugian, pada Q4 2013 ini AMD 'hanya' merugi USD 7 juta, jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama dengan kerugian mencapai USD 323 juta.


Menurut Rory Read, CEO AMD, pencapaian ini memang sudah diprediksi sebelumnya. Dan ia optimistis keadaan AMD akan membaik di tahun mendatang, seperti dilansir di Arstechnica dan disitat detikINET, Rabu (22/1/2014).


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!