Speaker Kayu iPhone Dibanderol Rp 780 ribu

Bandung - Awalnya adalah tugas kampus. Namun speaker unik karya sembilan mahasiswa SBM Institut Teknologi Bandung (ITB) itu dijual, dan berharap bisa menjadi bisnis mereka.

Speaker khusus untuk iPhone bernama Cueva memiliki bentuk yang unik serta berbahan dasar dari kayu. Bahannya kayu asli Indonesia yaitu Sonokeling atau Indonesian Rosewood yang dibentuk seperti perahu yang tidur mendampingi.


Di sisi kiri dan kanannya terdapat dua lubang berbentuk bulat yang merupakan bagian speaker. Sementara di bagian tengah terdapat tempat untuk menyimpan iPhone.


Cueva ini dibuat secara handmade oleh pengrajin di Bandung. Dalam sebulan hanya bisa diproduksi maksimal 21 Cueva. Pengerjaan 1 buah Cueva butuh waktu 21 jam.


Proses pembuatan Cueva sejak digagas hingga akhirnya kini siap dipasarkan memakan waktu sekitar 4 bulan, yaitu mulai September 2013 hingga Januari 2014. Meski tugas kampus, namun mereka mengaku modal awal Cueva mereka dapatkan sendiri karena tugas tersebut memang untuk kemandirian mahasiswa.


Karena itu, kini mereka ingin menjadikan karya yang telah dibuat sebagai bisnis. Apalagi produk serupa menurut Wulan belum ada di pasaran dalam negeri. Cueva mereka banderol Rp 780 ribu per unitnya.


"Setiap pembelian satu Cueva kami sisipkan sebagian untuk pembelian 1 pohon," kata Wulan Wulan Nurhidayah, Head of Marketing Earth.co.Next


(tya/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!