Jaringan Telkomsel Pulih 100% di Manado

Manado - Memasuki hari keenam paska bencana banjir Manado, seluruh infrastruktur telekomunikasi Telkomsel diklaim telah pulih 100%. Operator dengan pelanggan lebih dari 131 juta itu pun siap melayani kebutuhan komunikasi masyarakat Manado yang sedang tinggi.

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Bona LP. Parapat mengatakan, air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari.


"Pembagian Air bersih kepada masyarakat Manado merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility Telkomsel, dimana sebelumnya berupa bantuan telpon gratis, sandang, pangan dan obat-obatan," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/1/2014).


Pada hari pertama kejadian banjir bandang di Manado sekitar 260 BTS (Base Tranceiver Station) atau 46% infrastruktur telekomunikasi Telkomsel mengalami gangguan akibat genangan air dan pemadaman listrik.


Monitoring dan koordinasi rencana percepatan pemulihan jaringan dilakukan Telkomsel dengan membuka 3 posko utama yaitu di Gedung Baruga Telkomsel Makassar, kantor Branch Manado dan Telkomsel Telecommunication Center (TTC) Teling-Manado.


Hari kedua Telkomsel mendatangkan tim ahli dari berbagai daerah (Makassar, Palu, Ternate, Gorontalo), perangkat baru, mobilisasi 46 genset guna menghidupkan kembali site-site BTS simpul dan strategis, dan melakukan penggantian perangkat yang terendam banjir. Upaya dengan menggunakan kapal karet dan mobil khusus 4x4WD ini berhasil memulihkan kembali 85% infrastruktur telekomunikasi Telkomsel.


Hari ketiga dilanjutkan ke site-site yang bermasalah dengan transmisi dengan melakukan repointing antena micromawe di site BTS simpul yang mengalami pergeseran antena karena dampak badai serta site-site BTS yang terendam banjir dimana lokasinya mulai bisa diakses sehingga berhasil memulihkan 93% infrastruktur jaringan Telkomsel.Next


(ash/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!