oPhone, Ponsel yang Bisa Kirimkan Aroma

Jakarta - Anda bisa membuat teman Anda tambah ngiler saat menceritakan lezatnya kue yang sedang Anda makan, dengan mengirimkan aromanya via ponsel. Bagaimana mungkin?

Dikembangkan oleh Le Laboratoire, sebuah laboratorium riset di Paris, Prancis, sebuah ponsel bernama oPhone memungkinkan komunikasi lebih hidup dengan mengirimkan aroma atau bau seperti ketika mengirim SMS.


Seperti dilansir Telegraph, Selasa (21/1/2014), aroma bisa terkirim dengan bantuan oChip. Ini adalah cartridge super kecil berisi informasi segala macam aroma. Cartridge ini nantinya akan memproduksi ratusan sinyal aroma yang akan disampaikan.


Setelah chip tersebut diinstal ke ponsel, sebuah aplikasi terkoneksi Bluetooth bernama oTracks akan memungkinkan Anda mengirimkan aroma yang telah dipilih. Namun patut diingat, fungsi ini hanya bisa bekerja pada sesama ponsel oPhone.


Si pencipta David Edwards mengatakan, seri terbaru oPhone bisa memuat hingga delapan chip. Lebih banyak chip, akan menciptakan sesuatu yang disebutnya 'odour symphony' atau kemampuan menyusun pesan multi-odiferous atau beraneka bau dengan konteks aktual.


"Misalnya Anda bisa mengirimkan aroma kopi berbarengan dengan harumnya roti panggang dengan chip ini," ujarnya memberi contoh.


Ponsel oPhone akan dirilis secara komersial sekitar akhir tahun ini. Pada paket penjualannya nanti, akan ada dua ponsel. Dikatakan Edwards, dua ponsel penting untuk menciptakan dan menerima aroma yang dihasilkan.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!