Penjualan Ponsel di China Dua Kali Populasi Indonesia

Jakarta - Dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar, tentunya China menjadi pasar menggiurkan bagi produsen ponsel. Perusahaan sekelas Samsung dan Apple pun rela memberikan usaha lebih demi merangkul pasar China. Belum lagi puluhan produsen lokal yang juga turut berkompetisi.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Gartner, diprediksi jumlah penjualan ponsel di China bakal mencapai angka spektakuler, 400 juta unit pada tahun 2014. Bahkan Lu Jun selaku Chief Analyst Gartner menyebut penjualan ponsel di China akan menembus 443,5 juta unit.


Yang mana juga diprediksi, 90% dari jumlah tersebut sepenuhnya akan didominasi oleh smartphone. Menyusul feature phone untuk 10% sisanya.


Dimana yang tak kalah menarik adalah penjualan smartphone kelas high-end, yang seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Kamis (23/1/2014), diperkirakan meningkat sebanyak 20% atau mencapai 80 juta unit pada tahun ini.


Hal inilah yang disebut sebagai lahan pertarungan antara Samsung dan Apple di China. Pun begitu, produsen lokal seperti Xiaomi, OPPO dan Lenovo yang terbilang popular di China juga turut ambil bagian di segmen premium ini.


Yang menarik, dengan jumlah penjualan yang diprediksi tembus 400 juta unit, artinya bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini tercatat sebanyak 242 juta jiwa, hampir dipastikan semuanya akan menggenggam setidaknya 2 ponsel di tangannya.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!