Cryptolocker, Kado Awal Tahun dari Dedemit Maya

Jakarta - Jika di dunia nyata kado awal tahun adalah hujan, maka di dunia maya -- selain Flappy Bird yang ngetop -- juga diramaikan dengan kemunculan virus CryptoLocker.

Program jahat dengan nama lain Trojan.GenericKD.1492946 ini dapat mengenkripsi setiap data yang dijumpai baik yang berada di komputer lokal maupun yang berada di folder/drive yang di-mapping dengan akses full control.


Oleh karena itu, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya kita waspada dengan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan tersebut. Seperti apa bentuk pencegahannya?


Sebagai informasi, Cryptolocker sebenarnya sudah muncul sejak September 2013. Pertama kali muncul di Ukraina, dan dari pantauan Vaksincom Cryptolocker sudah menjadi 'clear and present danger' alias ancaman jelas dan nyata bagi pengguna komputer di Indonesia.


Jika Arjuna memiliki senjata pamungkas Pasopati yang hanya bisa digunakan satu kali untuk mengalahkan Karna, maka Cryptolocker memiliki senjata pamungkas yang tidak kalah sakti dan bisa digunakan berkali-kali untuk mengenkripsi data komputer korbannya. Senjata tersebut adalah enkripsi RSA 2048 bit.


Cryptolocker biasanya akan datang melalui email dalam bentuk lampiran yang terkompresi (ZIP/RAR) dimana di dalam file yang terkompresi berisi sebuah file dengan nama acak dan mempunyai ekstensi ganda, ia akan memanfaatkan icon PDF dengan ekstensi PDF.EXE.


Secara default, ekstensi file akan disembunyikan oleh Windows. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh virus untuk mengelabui user sehingga file yang terlihat seolah-olah sebuah file PDF. (lihat gambar 1)Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!