Nintendo Bantah Jadi 'Pembunuh' Flappy Bird

Jakarta - Santer diberitakan, alasan utama di balik penarikan Flappy Bird adalah karena game tersebut dianggap meniru Mario Bros. Namun Nintendo, si pembesut game klasik tersebut mengatakan tidak mempermasalahkan Flappy Bird.

Juru bicara Nintendo Yasuhiro Minagawa, seperti dilansir The Wall Street Journal, Selasa (11/2/2014) mengonfirmasikan bahwa mereka tidak pernah mengajukan surat keberatan kepada developer Flappy Bird, Dong Nguyen.


"Kami tidak bersedia mengomentari rumor dan spekulasi. Kami juga membantah spekulasi yang berkembang mengenai keterlibatan Nintendo dalam penarikan Flappy Bird," ujar Yasuhiro dalam emailnya kepada The Wall Street Journal.


Sebelumnya, selain dituding menyontek Mario Bros, Nguyen juga disebut-sebut terancam isu hukum di kampung halamannya, Vietnam. Namun Nguyen kemudian meluruskan informasi tersebut.


"Ini tidak terkait dengan hukum. Ini lebih karena saya ini tidak bisa mengontrolnya lagi," ujarnya saat mengumumkan penarikan gamenya yang fenomenal tersebut.


Saat ini Flappy Bird sudah menghilang dari Apple App Store maupun Google Play. Meski demikian, tak berarti Flappy Bird tidak bisa lagi dimainkan, mereka yang sudah mengunduhnya masih bisa memainkannya. Hanya saja, game ini sudah tidak bisa di-download pengguna baru.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!