Menang Tiket Piala Dunia? Awas Tipuan!

Jakarta - Siapa yang tak mau memenangkan tiket ke Brazil untuk menyaksikan Piala Dunia 2014? Namun awas, bisa jadi itu cuma akal-akalan penjahat cyber.

Hal yang wajar ketika hajatan Piala Dunia dimulai, kita akan melihat banyak kampanye terkait dengan pesta sepakbola ini.


Hanya saja banyak pula kampanye pemasaran dan promosi yang mengambil keuntungan dari peristiwa yang dinanti jutaan orang ini.


Di antara semua email pemasaran dan promosi yang benar, Anda mungkin juga menerima email-email yang menjanjikan tiket perjalanan ke Brazil, pertandingan gratis, ataupun hadiah undian yang menyatakan bahwa Anda telah memenangkan sebuah mobil.


Terdengar terlalu indah untuk jadi nyata? Anda benar jika Anda berpikir demikian!


Menurut laporan Symantec, penjahat cyber (fraudsters) akan mengeksploitasi antusiasme dari Piala Dunia 2014 yang akan berlangsung di Brasil bulan Juni ini.


"Konsekuensi menjadi korban scam ini bisa sangat serius. Tidak hanya Anda bisa menjadi korban penipuan dengan rekening bank yang dikosongkan oleh penipu-penipu ini, komputer Anda juga bisa saja terinfeksi malware," jelas Symantec. Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!