Ironi Flappy Bird, 'Dimatikan' Karena Bikin Ketagihan

Jakarta - Kebanyakan developer akan merasa senang jika game buatannya disukai jutaan orang. Namun tidak demikian bagi Dong Nguyen, pencipta Flappy Bird. Pria asal Vietnam ini akhirnya mau berbicara cukup banyak mengenai alasan dihapusnya Flappy Bird.

"Game ini telah menjadi sesuatu yang bikin ketagihan. Kupikir hal ini menjadi masalah. Untuk memecahkan masalah tersebut, lebih baik untuk menghapusnya saja. Ia pun hilang selamanya," tulis Dong dalam wawancara via email dengan majalah Forbes.


Ya, Dong rupanya malah tidak senang Flappy Bird bikin kecanduan banyak orang. Game sederhana yang sampai dihapusnya telah diunduh lebih dari 50 juta kali itu juga membuat hidupnya tidak lagi tenang.


"Kehidupanku tidak lagi senyaman sebelumnya. Aku jadi tidak bisa tidur," tambah Dong seperti dilansir ABCNews dan dikutip detikINET, Rabu (12/2/2014).


Sepertinya Dong memang kaget dengan popularitas tiba tiba yang didapatkannya. Namun demikian, ia berjanji masih akan tetap mengembangkan game baru.


"Setelah kesuksesan Flappy Bird, aku jadi merasa lebih percaya diri dan aku punya kemerdekaan untuk melakukan apa yang ingin kulakukan," tuturnya.


Dong disinyalir sudah kaya raya berkat sukses mendadak Flappy Bird. Dari memajang iklan dalam game, kabarnya ia meraup USD 50 ribu sehari atau di kisaran Rp 600 juta.


Akan tetapi jika game buatannya nanti juga kembali populer dan bikin kecanduan, Dong menyatakan tidak akan segan segan untuk menghapusnya seperti Flappy Bird.

Artikel terkait:

-. Review Flappy Bird: Jelek Banget, Tapi....

-. 6 Faktor di Balik Booming Flappy Bird

-. Jangan Frustasi! Ini Tips Main Flappy Bird

-. Dong Nguyen, Sosok 'Aneh' Pencipta Flappy Bird


(fyk/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!