Ponsel Android Nokia Tanpa Layanan Google?

Jakarta - Ponsel pertama Nokia yang memakai Android kabarnya siap diluncurkan tidak lama lagi. Rumor pun bertebaran soal ponsel berkode nama Normandy ini, di antaranya tentang kemungkinan handset Android Nokia tidak memakai layanan Google.

Sistem operasi Android memang mudah dikustomisasi para vendor sesuai keinginannya. Nokia pun kabarnya banyak memodifikasi tampilan Android di Normandy dan memilih memakai software buatannya ketimbang memakai produk Google.


Disebutkan Nokia akan memakai layanan peta dan toko aplikasi sendiri. Peta buatan Nokia yang bernama Here, memang cukup banyak dipuji dan tidak kalah kemampuannya dibandingkan Google Maps. Malah di beberapa sisi dinilai lebih mumpuni.


Google sendiri belum memberi tanggapan soal kabar Nokia bakal memakai Android. Namun sepertinya, meskipun Nokia banyak memodifikasi Android, Google cukup senang dengan keputusan Nokia yang akhirnya mau mengadopsi OS 'robot hijau' itu.


"Saya tidak melihat Google kecewa jika Nokia membuat ponsel Android. Yang menarik adalah melihat apakah Microsoft setelah akuisisi Nokia rampung, justru akan membunuh Android, " kata Jack Gold, analis di J. Gold Associates yang dikutip detikINET dari ComputerWorld, Selasa (11/2/2014).


Proyek Nokia Android memang sudah dijalankan sebelum Microsoft melakukan proses akuisisi. Beberapa pihak menilai mungkin saja Microsoft tidak senang Nokia memakai Android sehingga nantinya menghabisi pengembangannya.


(fyk/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!