Pria Ini Sewakan iPhone untuk 'Pecandu' Flappy Bird

Jakarta - Seorang pria bernama Jeff Nelson, berniat menjual iPhone 5 miliknya di situs lelang eBay. iPhone 5 ini dianggapnya istimewa, karena terdapat Flappy Bird di dalamnya, game populer yang kini sudah ditarik peredarannya.

Namun kemudian dia punya ide yang lebih cemerlang, yakni menyewakan iPhonenya untuk memenuhi hasrat para 'pecandu' Flappy Bird. Menurutnya, keuntungan yang didapat akan berumur lebih panjang jika dia menyewakannya.


"Saya menyadari ada permintaan membludak terhadap game ini, yakni para gamer yang tidak sempat men-download karena Flappy Bird kini sudah ditarik. Melihatnya dari ilmu ekonomi, saya memutuskan untuk memenuhi permintaan tersebut," ujarnya seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Minggu (16/2/2014).


Saat ini, iPhone 5 milik Nelson telah diiklankan melalui situs Craigslist. Nelson membolehkan si penyewa bermain Flappy Bird di ponselnya, namun tetap dengan kontrol lingkungan ada padanya.


Artinya, gamer boleh bermain Flappy Bird di rumahnya di Washington DC, di kedai kopi atau tempat lain, namun Nelson mengawasinya. Dia tidak membolehkan si peminjam memakai iPhone tersebut jauh-jauh darinya. Nelson bahkan memberlakukan pembayaran deposit untuk menjaga iPhonenya dari risiko kehilangan.


"Di Craigslist ada banyak penjual yang menawarkan perangkat elektronik dengan harga tinggi. Ketimbang menjual perangkat seharga USD 5.000 lebih, saya lebih suka menyewakannya untuk bermain Flappy Bird seharga USD 1 per menit," ujarnya.


Menurutnya ini lebih menguntungkan dirinya maupun si penyewa. Bagi Nelson, dia bisa tetap memiliki iPhone 5 sementara si penyewa bisa merasakan bagaimana sulitnya game tersebut, ketimbang membeli handset bekas dengan harga mahal hanya demi memainkan Flappy Bird.


"Menurut saya Flappy Bird adalah game bodoh yang terlalu dibesar-besarkan. Skor saya hanya enam. Saya tidak jago memainkannya. Hanya sekitar 20 menit saya bisa bertahan memainkannya," ujarnya.


Semenjak 'kematiannya', Flappy Bird kian diburu. Hal ini dimanfaatkan para penjual ponsel bekas dengan menawarkan game tersebut pada perangkat yang dijualnya.


Sejumlah penjual menawarkan game Flappy Bird di ponselnya dengan banderol Rp 9 jutaan. Kisaran harga tersebut sebenarnya bukanlah nilai yang harus dibayar untuk mendapatkan game Flappy Bird, melainkan harga iPhone 5 dan iPhone 5S bekas yang di dalamnya telah terinstal game besutan Dong Nguyen ini. (rns/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!