Panasonic GH4: Mirrorless dengan Kemampuan Video 4K

Jakarta - Dunia videografi pro boleh gembira karena Panasonic mengumumkan Panasonic GH4, kamera mirrorless yang mampu membuat video dengan resolusi sangat tinggi yaitu 4K atau disebut juga Ultra High Definition (UHD).

Resolusi 4K (4096x2160) ini jauh lebih besar daripada resolusi video pada umumnya yaitu Full HD (high definition) yang berukuran (1920x1080). Karena kelebihan itu, video yang direkam oleh kamera ini akan terlihat lebih detil dan tajam terutama saat dimainkan di televisi atau proyektor berukuran besar dan mendukung resolusi 4K.


Untuk videografer profesional, Panasonic menyiapkan unit interface tambahan yang dapat menghubungkan kamera dengan berbagai aksesoris lainnya seperti aksesoris audio.


Untuk fotografer, Panasonic GH4 juga ditingkatkan kemampuannya dibandingkan dengan Panasonic GH3. Meskipun resolusi sensor gambar tetap sama dengan Panasonic GH3 yaitu 16MP, tapi GH4 kini memiliki prosesor yang lebih cepat, sehingga kualitas gambar sedikit lebih baik dan ISO maksimum bertambah menjadi ISO 25600.


Kinerja kamera juga menjadi lebih cepat terutama untuk foto berturut-turut menjadi 12 fps, dengan buffer 50 RAW+JPG atau 7 fps dengan focus tracking.


Panasonic GH4 tergolong kamera sistem micro four thirds yang memiliki ukuran sensor gambar setengah dari sensor full frame dan sedikit lebih kecil dari sensor APS-C.


Perkembangan terakhir menunjukkan kualitas foto dari sensor ini cukup baik sampai ISO 1600. Jadi cukup baik untuk digunakan dalam berbagai kondisi cahaya. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!