PS4 Lebih Laku, Game Xbox One Lebih Laris

Jakarta - PlayStation 4 (PS4) mungkin menjadi konsol game paling laku di bulan Januari lalu. Namun jika bicara soal penjualan gamenya, di periode yang sama, Microsoft mengklaim platform Xbox lebih laris dibanding platform lainnya.

Melalui blognya, Microsoft mengutip data yang dirilis NPD menyebutkan penjualan game Xbox One meningkat 2,29 kali lebih banyak dibanding Januari tahun lalu. Perhitungan tersebut menempatkan game Xbox One dan Xbox 360 sebagai 'penguasa' penjualan game dengan persentase sebesar 47% di Januari.


Sony tak sependapat dengan klaim Microsoft tersebut. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Venture Beat, juru bicara Sony mengatakan bahwa penjualan game PS4 juga tertinggi pada bulan lalu. Sayangnya juru bicara Sony tersebut tak menjelaskan dasar dari klaim yang disampaikannya itu.


Namun jika membahasnya secara umum, penjualan game keseluruhan di bulan lalu justru menurun. Seperti detikINET kutip dari The Six Axis, Sabtu (15/2/2014), laporan NPD menyebut total penjualan game menurun hingga 26% dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.


Sejumlah analis memprediksi, peluncuran game Titanfall dan Second Son pada bulan Maret mendatang diperkirakan bisa kembali menggairahkan penjualan game.


(yud/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!