Wow! CEO Facebook Sumbang Rp 10 Triliun

Jakarta - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg bersama istrinya dinobatkan sebagai orang kaya paling dermawan di Amerika Serikat (AS). Keluarga kecil itu berani menyumbang hingga US$ 1 miliar atau lebih dari Rp 10 triliun.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (11/2/2014), ia masuk urutan tertinggi dari daftar 50 orang paling dermawan versi Chronicle of Philanthropy. Lima puluh dermawan itu memberikan total sumbangan US$ 7,7 miliar (Rp 77 triliun) di 2013, naik tipis 4% dibandingkan tahun lalu.


Posisi kedua setelah Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan, adalah almarhum George Mitchell, pengusaha yang dulunya bergerak di bidang gas. Mitchell yang meninggal Juli lalu ini meninggalkan warisan US$ 750 juta yang disalurkan menjadi sumbangan melalui yayasan keluarganya.


Salah satu pendiri Nike, Phil Knight bersama sang istri Penelope, menyumbang US$ 500 juta untuk penelitian obat kanker di Oregon Health & Science University Foundation.


Orang kaya dermawan tidak hanya di luar negeri saja, Indonesia juga ada pengusaha dermawan bernama Tahir. Ia sudah menyumbang sekitar Rp 1 triliun ke Bil Gates Foundation yang dananya digunakan di berbagai sektor.


(ang/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!