Kiat Memotret Agar Tak Terlihat Pucat

Jakarta - Bagaimana pengambilan gambar di dalam ruangan dengan menggunakan kamera Nikon d3200 agar wajah tidak terlihat pucat? (Robin, Pria)

Jawaban:


Warna wajah pucat biasanya disebabkan oleh pemakaian flash yang terlalu terang, atau setting white balance yang terlalu rendah temperaturnya. Jika memakai flash, hindari terlalu dekat dengan subjek foto karena pancaran cahaya akan sangat kuat sehingga wajah/subjek jadi terlalu terang/putih.


Alternatif lain, atur kekuatan flash supaya tidak terlalu kuat dengan flash exposure compensation atau atur secara manual kekuatan flashnya jika kameranya mengizinkan.


Di kamera Nikon D3200, kekuatan flash bisa ditemukan di Menu>Custom Menu>Bracketing and flash>built-in flash control>manual. Selanjutnya, gunakan setting white balance dengan simbol flash atau matahari supaya wajah sedikit lebih hangat.


Setting-setting di atas hanya dapat digunakan saat memotret di mode selain full Auto. Jika masih pemula dan belum memahami setting exposure, Anda bisa mengunakan mode P sehingga bisa mengatur setting flash dan WB.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!