Gaya Kocak Psy yang Jadi Mesin Uang

Jakarta - Dahulu, musisi biasa mendapatkan penghasilan dari penjualan CD fisik secara langsung. Sekarang, saat era internet makin berkembang, gaya konvensional seperti itu hanya menghasilkan keuntungan tak seberapa.

YouTube adalah saluran yang mulai dilirik oleh musisi karena lebih menghasilkan uang. Maka tak mengherankan, banyak para artis dengan senang hati meng-upload video klipnya ke YouTube.


Salah satu contohnya adalah Park Jae sang atau yang lebih dikenal sebagai Psy. Video Gangnam Style miliknya telah menjadi viral dan ditonton lebih dari 1 miliar kali.


Rapper asal Korea Selatan itu menjadi salah satu artis asal Asia yang mampu menembus angka yang fantastis. Jadi tak mengherankan bila pemasukan dari hasil klik iklan didapatkan juga tak kalah bombastis.


Menurut The Associated Press, untuk sebuah satu video klip, Psy sudah mendapatkan setidaknya USD 7,9 juta pada tahun 2012. Itu dari iklan saja, belum lagi dari pemasukan lain seperti hak cipta di YouTube.


Psy tentu saja menganggap YouTube sebagai salah satu jalan baginya untuk ngetop dan kaya raya. Karena situs berbagi video milik Google ini bisa diakses dari negara manapun.


Bayangkan, untuk penjualan lagu di Korea Selatan saja, Psy mendapatkan tak lebih dari USD 60 ribu. Nah, dari iTunes, dia bisa setidaknya mengantongi USD USD 7,9 juta.


YouTube juga membawa berkah lainnya bagi si agen yang menaungin Psy, YG Entertaiment. Karena, penyanyi kocak 34 tahun tersebut mendapatkan USD 0,65 sen dari setiap video yang memparodikan Gangnam Style di YouTube. Dari situ saja, Psy bisa mendapatkan USD 4 juta.


(tyo/ash)