Huawei: OS Tizen Samsung Tak Akan Sukses

Jakarta - Keinginan kuat Samsung untuk membuat 'lawan' bagi Android dengan mengembangkan sistem operasi Tizen tidak berjalan terlalu mulus. Bahkan, lawan Samsung, sampai memberikan 'dua jempol' ke bawah untuk Tizen.

"Tizen tidak memilki kesempatan untuk menjadi sukses," sinis Head of Huawei Consumer Bussines Group Richard Yu, seperti yang dikutip detikINET dari The Wall Street Journal, Selasa (26/8/2014).


Bagi raksasa telekomunikasi asal China itu secara konsisten akan terus menolak Tizen untuk disematkan ke smartphone yang mereka buat nantinya. Karena mereka meragukan kemampuan Tizen.


Memang, Huawei juga menyimpan rasa kekhawatiran terkait ketergantungan dengan Android. Namun, untuk membuat pesaingnya, tidaklah dibuat dalam jangka waktu dekat.


"Kami memiliki kekhawatiran tentang Android menjadi satu-satunya pilihan, tapi kita tidak punya pilihan untuk saat ini," kata Yu.


Apa yang dikhawatirkan oleh Huawei, bagi Yu, bukanlah sekedar omong kosong. Dia mencontohkan, penundaan smartphone Samsung Z yang bebasis Tizen sebagai salah satu bentuk ketidaksiapan dari sang pembesutnya.


Selain itu, dia berkaca pada smartphone Huawei yang berbasis Windows Phone yang malah membuat mereka merugi. "Bahkan untuk Windows Phone saja sulit sukses," tandasnya.


(tyo/rou)