Susah-susah Gampang Menggaet YouTubers

Jakarta - Membuat video di YouTube agar dapat menyita perhatian banyak orang sebetulnya gampang-gampang susah. Dari awal, ada beberapa tips yang mesti diingat sebelum memulainya.

Pertama, seperti yang dikatakan salah satu penggiat video YouTube, Benakribo, adalah memilih target audiens yang terkait dengan video yang ingin dibuat.


"Ya, kayak gue, karena sasarannya anak muda. Gue bikin video yang dekat dengan mereka, tentang kehidupan sehari-hari aja," kata pria bernama asli Benazio Putra, kepada detikINET.


Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah membuat video yang sifatnya universal. Maksudnya, bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh penonton secara luas.


"Bila ingin cepat dikenal secara luas, ya tentu saja menggunakan bahasa inggris itu jauh lebih bagus," tambahnya.


Bena sendiri mempunyai akun di YouTube sejak tahun 2007. Namun, kala itu dia hanya mengisi dengan video aktivitas sehari-hari. Baru pada tahun 2009, pria berkacamata ini menggunakan mulai membuat video yang berkonsep.


Videonya pun masih yang bersifat ringan, seperti tutorial. Baru sejak tahun ini, ketika YouTubers mulai booming, Bena yang juga seorang penulis ini menargetkan setidaknya membuat 1 video tiap bulan.


"Yang gue bikin sih macam-macam, VLOG, stop motion, sketch, interactive video, travelling, dan banyak lagi. Awalnya juga penonton gue kebanyakan dari pembaca blog, kemudian dari nge-drive dari Twitter juga," tambahnya.


Keseriusannya dalam beberapa tahun terakhir, akhirnya menuai hasil. Kendati belum bisa menghasilkan uang dengan cara monetize, Bena bisa mem-branding dirinya untuk menggaet sponsor.


Hasil yang didapatkan pun lumayan. Setidaknya, menurut pengakuannya, dia bisa menggantungkan hidup dari hobinya membuat video dan ngeblog di internet. (tyo/ash)