Ponsel Tizen Samsung Masih Menggeliat

Jakarta - Beberapa bulan lalu Samsung sempat dikabarkan bakal merilis sebuah ponsel berbasis Tizen dengan sebutan Samsung Z, namun akhirnya dibatalkan. Tapi nyatanya proyek Tizen belum mati, karena bocoran terbaru ponsel Tizen kembali hadir dari Indonesia.

Pembatalan Samsung Z disebutkan karena Samsung ingin menggeser platform Tizen yang tadinya juga mengincar kelas atas, menjadi khusus untuk kelas low-end saja. Hal itu juga selaras dengan bocoran tebaru ponsel Tizen Samsung yang sepertinya memang disiapkan untuk mengincar segmen low-end.


Seperti diungkap oleh Tizen Indonesia, ponsel ini punya kode SM-Z130H dengan sandi Kiran. Samsung pun kabarnya akan menamainya dengan sebutan Samsung Z1.


Ponsel ini punya layar 4 inch dengan resolusi WVGA (840x480 pixel) yang ditenagai oleh prosesor dual core Spreadtrum SC7727S berkecepatan 1,2 GHz, chip grafis Mali-400, dan RAM 512 MB.


Tapi jangan berharap dengan kualitas kameranya, Samsung Z1 hanya dibekali kemampuan 3,2 MP dan kualitas VGA (640x480 pixel) untuk kamera depannya. Selain itu ponsel ini juga telah menawarkan fitur dual-SIM.


Menariknya, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Senin (1/12/2014), Samsung Z1 dikatakan sudah akan diumumkan dalam waktu dekat yakni pada 10 Desember nanti di sebuah acara yang akan digelar di India. Adapun agenda utama acara itu adalah perkenalan platform terbaru Tizen v2.3 yang akan tertanam di Samsung Z1.


(yud/ash)