Setahun 'Merdeka', Masihkah Bisnis Dell Bergelora?

Austin, Texas - Dell resmi menjadi perusahaan privat pada 2013 lalu. Setahun setelah tak lagi menjadi perusahaan publik, Dell pun kini tak hanya ingin dikenal sebagai penjual komputer dan server, tapi juga ranah bisnis lainnya seperti cloud dan sistem keamanan.

"Menjadi privat sangat menyenangkan. Kami tidak bisa merasa lebih bahagia dengan posisi, pencapai dan performa dari bisnis kami," ujar pendiri sekaligus CEO Dell, Michael Dell, di depan media yang menghadiri Dell World 2014 termasuk detikINET di Austin Convention Center, Austin, Texas, Selasa (4/11/2014).


Berbicara mengenai pencapaian perusahaannya, Michael terlihat rileks berdiri di atas panggung besar Dell World 2014. Dia bukan hanya berbicara mengenai apa yang telah berhasil diraih Dell setelah merdeka, tapi juga menyinggung mengenai perusahaan lain yang kini justru dalam kekacauan bisnis.


"Kalian sudah mendengar tentang perusahaan yang memisahkan, mengurangi dan memotong-motong diri mereka sendir?. Untuk apa mereka melakukan itu? Apakah untuk konsumen, apakah memang benar itu membantu konsumen atau membantu partner?" kata Michael seolah menyinggung HP dan IBM.


Menurutnya dengan perubahan arah bisnis yang dilakukan perusahaan lain itu belum tentu membantu perusahaan tersebut. Seharusnya menurutnya, jika memang ada perubahan, harus bisa mengembangkan diri baik dari sisi riset untuk menciptakan produk yang inovatif maupun layanan baru.


Dell sendiri kini fokus menjadi perusahaan yang memberikan end to end solution. Artinya mampu memenuhi kebutuhan mulai saat perusahaan membutuhkan perangkat PC -- laptop, komputer desktop, workstation dan tablet PC -- kemudian berlanjut ke data center, storage, software, sampai urusan sistem keamanan.


"Untuk menjadi perusahaan dengan bisnis end to end solution, kita harus berada di keduanya, kalau tidak kita akan berakhir. Menurut kami sangat penting untuk memberikan solusi yang lengkap," ucap Michael yang memulai bisnis komputer dari ruang asramanya sebagai mahasiswa di Universitas Texas.Next


(eny/fyk)